PENDAHULUAN
Ada pepatah ‘orang yang menguasai informasi, dia akan menguasai dunia’. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini ditandai dengan pesatnya dunia teknologi informatika (IT). Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan IT dengan semaksimal mungkin. Hal ini penting dilakukan agar kita tidak tertinggal. Untuk menyikapi hal tersebut program pasca Sarjana STAIN Cirebon mengadakan mata kuliah Teknologi Informasi (IT) dalam pendidikan.
Mata kuliah IT dalam pendidikan membahas beberapa materi. Materi tersebut antara lain Microsoft Word, Excel, Power Point, Email dan Blog. Kelompok kami mendapatkan tugas untuk mengupas tentang Email. Kami batasi bahasan kami pada membuat akun dan mengirim email dengan menggunakan gmail. Berikut peranan kami tentang email. Kami sajikan secara simpel dan ringkas.
BAB II
PEMBAHASAN
Email singkatan dari elektronic mail. Email merupakan salah satu cara mengirim surat di dunia maya. Salah satu syarat menggunakan email adalah alamat email. Selain itu juga kita harus mengetahui cara membuka email, membuat akun, mengirim surat dan menerima surat. Email yang dikaji hanya Gmail.
A. Membuat Akun di Gmail
Akun adalah alamat di email. Akun merupakan rumah kita di dunia maya. Agar kita dapat menerima dan mengirim email, kita harus mempunyai akun. Berikut tahapan-tahapan membuat email.
1. Pastikan komputer terhubung dengan internet.
2. Kilik Menu, kemudian klik internet explorer atau modzila firefox.
Akan muncul tampilan seperti berikut :
3. Kilik www.gmail.com pada alamat internet kemudian tekan enter.
4. Kilik ‘buat akun’ maka akan muncul tampilan berikut
5. ganti ke bahasa Indonesia, jika yang tampil bahasa asing.
6. Isi formulir antara lain:
a. Nama depan
b. Nama belakang
c. Nama login (alamat) yang diinginkan
d. Buat sandi
e. Masukan kembali sandi
f. Pilih pertanyaan rahasia
g. Jawaban dari pertanyaan rahasia
h. Email sekunder
i. Lokasi
j. Verifikasi kata
k. Persyaratan layanan
7. Kilik ‘saya menerima. Buat akun’.
8. Akan muncul tampilan berikut
9. Siap menggunakan email
B. Menggunakan Email di Gmail
1. Pastikan komputer terhubung dengan internet
2. klik menu, kemudian klik internet explorer atau modzila firefox. Maka muncul tampilan berikut.

3. Ketik www.gmail.com pada alamat internet kemudian tekan enter
5. Email kita telah terbuka
6. Klik ‘kotak masuk’ untuk melihat pesan yang masuk. Klik salah satu judul pesan yang masuk, maka akan tampil isi pesan.
7. klik ‘pesan terkirim’ untuk mengecek pesan yang terkirim, klik salah satu judul pesan yang terkirim, maka akan tampil isi pesan.
8. Klik ‘membuat pesan’ akan tampil sebagai berikut :
Gambar
9. Ketik alamat email yang dituju, judul email dan isi email.
10. klik ‘kirim’ maka pesan akan terkirim. Untuk mengcek pesan terkirim atau belum, klik ‘pesan terkirim’.
11. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah menutup email. Hal ini dilakukan untuk menghindari email kita dibaca orang lain. Untuk menutup email klik ‘sign-out’.
BAB III
PENUTUP
Beberapa hal yang penting dalam menggunakan email adalah
1. Mempunyai alamat email yang biasa disebut di akun.
2. Mengirim pesan
3. Menerima pesan yang masuk
4. Menutup email
Sesungguhnya, penggunaan email tidak hanya terbatas pada mengirim dan menerima pesan. Masih banyak lagi manfaat dari email, antara lain untuk chatting, facebook dan menerima blog. Yang terpenting dalam penggunaan email adalah ‘harus berani mencoba’ dan ‘jangan malu bertanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar